.

   

Keistimewaan hari Jum'at

Diposting oleh ahmad_interaktif

Imam Azzindusti berkisah bahwa ia mendengar Abu Mansur berkata:
"Allah telah memberikan hari Sabtu kepada Nabi Musa beserta 50 nabi dan Rasul yg sekelompok dengannya.
"Allah memberikan hari Ahad kepada Nabi Isa beserta 50 Nabi dan Rasul yg sekelompok dengannya.
Hari senin diberikan kepada nabi Muhammad beserta 63 Nabi dan Rasul yg sekelompok dgnnya.

Jumlah Nabi seluruhnya 124.000 Yang 313 sebagai Rasul. dan yg paling mulia adlh Nabi Muhammad. krn itu Allah menambahkan 13 nabi beserta Rasul menyertainya.

Hari Selasa utk Nabi Sulaiman beserta 50 Nabi dan Rasul yg menyertainya.
Hari Sabtu utk Nabi Ya'kub beserta 50 Nabi dan Rasul yg menyertainya. Maka tinggallah hari jum'at.

"Wahai Tuhan, apa bagian umatku dari engkau.?" Rasulullah bertanya.
Allah berfirman : "Hai Muhammad. Hari Jum'at dan surga milikmu. Akan kuberikan Jum'at dan surga kepada umatmu. KerelaanKu menyertai Jum'at dan Surga adalah pemberian bagi mereka"
Dari Ali bin Abi Thalib , Rasulullah bersabda:
"Pada hari Jum'at, 70 Malaikat ada pada tiap pintu Masjid, mencatat nama-nama manusia sampai orang terakir yang datang, Pada saat Khatib duduk diatas mimbar,yang tidak mengganggu orang lain dan yang tidak bicara kecuali yang baik, itulah yang lebih mungkin beruntung mendapatkan pahala Jum'at, Perbuatan buruknya diampuni diantara dua Jum'at.
Dari Ubadah bin Shamit, bahwa rasulullah bersabda:
"Barang siapa mandi di hari Jum'at dgn niat iklas, dan tak seutas rambut pun di tubuhnya yg tak basah oleh air,maka dari jasadnya memancar nur yang akan jadi pelita di hari kiamat nanti, dan jasadnya akan menjadi cahaya di antara makhluk lain. Kemudian Jum'at datang menyeru laki-laki yg di atas kepalanya terdapat mahkota dari surga.

"Assalamualaik," sapa Jum'at
"Alaikasalam. Siapa kamu?"
"Aku adalah Jum'at yg engkau telah mandi dan shalat dan membaguskan shalat karena Allah. Aku datang dan menjadi saksimu di hadapan Allah."

Jum'at lalu menjadi saksi di sisi Tuhan dan orang tersebut masuk surga.
Barang siapa mandi di hari Jum'at, mengenakan pakaian dan keluar pintu rumahnya utk berjum'at maka Allah Ta'ala mencatat setiap lagkahnya sama dengan ibadah puasa dan shalatnya setahun.

Apabila ia masuk masjid tidak berbuat kesia-siaan dan tidak berbicara kecuali yang baik, maka Allah mencatat setiap kebaikannya sama dengan orang yang hadir shalat jum'at dalam masjid dua puluh lima shalat hingga orang terakir yang datang.

Barang siapa hari Jum'at membaca surat al-kahfi dalam dua rekaat ,maka tiang tiang masjid berkilau oleh cahaya orang yang shalat di dalamnya,kilauannya hingga sampai ke Masjidil Haram di Makah. Para malaikat memintakan ampunan hingga hari Jum'at berikutnya, di samping tiang-tiang tersebut.

Jika shalat Jum'at di Masjidil Haram di Makah, maka berkilaulah tiang-tiang Masjidil Haram hingga ke Baitul Makmur yang ada di langit. Di samping tiang-tiang tersebut para malaikat memintakan ampun hingga Jum'at berikutnya.

Barang siapa shalat empat rekaat sebelum imam naik ke mimbar dan membaca di setiap rakaat, Alhamdulillah satu kali,Qulhuwallahu Ahad 50 kali,akan menjadi 200 kali dalam 4 rakaat ,maka ia telah sama melakukan ibadah Jum'at yg dilakukan malaikat. Ia tidak akan mati sebelum ditampakkan tempatnya di surga.

Jika hendak keluar dari masjid setelah menunaikan shalat, maka bacalah do'a:" Ya Allah, Kupenuhi panggilan-Mu, aku laksanakan shalat fardhu-Mu, kemudian panggilan_mu, aku bubar seperti Kau perintahkan. Berikan aku rejeki dari kemuliaan-Mu Yang Maha Lua,serukan utk shalat pada hari Jum;at,maka cepat-cepatlah ingat Allah."
Juga Firman-MU," Apabila shalat telah terselengara, maka menebarlah kalian di muka bumi."(Al-Jum'at,629-10).Maka ia diberi pahala amalan 200 tahun.

This entry was posted on 18.47 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar